Tutorial Pay Per Click Google Adsense part 1

13.20 Diposting oleh qoriatulfitriyah

Buat yang baru pertama kali menjejakkan langkah di "making money" dunia maya, tentunya bingung dengan step apa yang should be done.

Sebagai contoh, saya mulai merambah dunia blogging (istilah keren untuk para pengguna layanan blog-dalam kasus ini saya setia pada blogger karena saya buta dalam hal web design, selain itu karena pesaing blogger, dalam hal ini wordpress tidak support google adsense ) pada kisaran pertengahan tahun 2007 an.


Cukup terlambat mengingat aktifitas saya di dunia maya sudah berlangsung sejak saya smp kelas satu, yaitu pada tahun 1999.

Yang lebih ngeri lagi, saya mengetahui kalau dengan internet kita bisa mendapatkan uang secara gratis adalah melalui buku sodara! Catat: melalui buku yang saya beli hanya seharga 13.ooo rupiah, setelah di diskon 15% dari toko buku uranus surabaya.

Namun memang sebelumnya ada rekan forum yang berkoar-koar mengatakan : dari internet kita bisa dapat uang loh, tapi tanpa memberikan penjelasan secara detail, hanya mengatakan "we could make money from internet".

Singkat kata, setelah berbulan-bulan berlalu dan saya mulai melupakan perkataan teman forum saya itu, saya berkesempatan untuk mampir ke toko buku.

Saat itu niat saya sebenarnya adalah mencari buku tentang presiden iran Mahmoud Ahmadinejad yang sangat saya kagumi kesederhanaannya  (diluar konteks dia sebagai seorang syiah). Saat saya mondar mandir mencari buku tersebut, bertanya kesana kemari ke para penjaga yang dengan polosnya berkata ; "Mahmud apa mbak? Siapa itu?" sampai akhirnya mata saya tertuju pada sebuah buku yang tebalnya tidak sampai lima puluh halaman bewarna kuning menyala dengan tulisan " Cara Mendapatkan Uang lewat Internet". Langsung saya teringat dengan tulisan teman saya beberapa bulan sebelumnya dan karena penasaran, langsung saja saya sikat buku tersebut, hehe.

Padahal awalnya, saya yang saat itu bersama mantan saya (cowok paling sabar sedunia) yang saat ini dikarenakan satu dan lain hal saya memutuskan untuk berteman saja setelah menjalani hubungan hampir selama lima tahun, dilarang untuk membeli buku tersebut.

Dia mengatakan : "Sudah dik, fokus membeli satu buku saja. Percuma beli banyak kalau tidak dibaca". Tapi saya bersikeras mengatakan :" Pasti saya baca karena saya penasaran", sehingga lantas dia, seperti biasa, mengikuti kekeras batuan kepala saya, berkata :"Ok deh!"

Selama ini saya melakukan aktifitas surfing hanyalah sekedar untuk  senang-senang. Buka friendster, masuk forum-forum curhat dan kenalan, chatting, atau iseng googling (searching via google) mencari content dan tema-tema sederhana seperti friendster layout dan semacamnya,
haha. Benar-benar tindakan bodoh yang kini hanya bisa saya ratapi 

Singkat kata, setelah membaca buku tersebut, ada dua keyword yang saya tangkap:
1.blogger
2.adsense

Jadi untuk bisa bergabung dengan adsense dan menjual iklan / advertising dengan perantara mereka, terlebih dahulu kita membutuhkan sebuah situs pribadi. Diibaratkan bakso misalnya. Seandainya kita ingin memnjual bakso, kita tentu membutuhkan at least rombong bakso, sendok,mangkok, panci tempat memanaskan bakso dkk. Sama juga, ketika kita mulai memutuskan untuk menghasilkan duit dari internet, terlebih dengan dipasangi iklan, tentu kita memerlukan rumah tempat iklan tersebut dipasang.

Saat ini banyak tersedia web hsoting situs professional dimana kita dibebankan membayar mulai angka puluhan ribu hingga jutaan rupiah pertahunnya. Cukup search di google dengan memakai keyword webhosting dan anda akan menemukan betapa banyak penyedia jasa online webhosting sekarang ini. Domain yang bisa anda dapatkan pun bervariasi, paling umum adalah dot com (.com) , lalu ada pula dot co dot id (.co.id) domain beralamatkan indonesia, dot net (.net), dot org (.org), dot biz (.biz), dot asia (.asia) dan kawan-kawannya.

Jika anda pemain lama di dunia maya, tentu tidak masalah untuk membayar sebuah atau bahkan beberapa domain berbayar sekaligus. Masalahnya jika anda (termasuk saya) adalah pemain baru yang baru saja nyelup di dunia online advertising, adalah hal yang sangat mustahil ntuk langsung mem purchase domain-domain berbayar tersebut (hingga saat tulisan ini dibuat, saya belum mempunyai situs sendiri). Maka domain-domain gratisan, dalam hal ini kita harus menampungnya lewat blog dulu kemudian mengganti alamat blog dengan url blog keren yang lebih simpel namun tetap gratis (semisal .co.cc). Alamat keren tersebut akan mempersingkat nama blog kita yang umumnya ditulis begini : nama blog.penyedia blog.com.

Dengan alamat keren, kita akan bisa mengubah alamat blog kita menjadi: nama blog.co.cc
Lebih singkat bukan?

Sayangnya dengan .co.cc gratisan, kita tidak bisa mendapatkan fasilitas blogging dan hosting sama sekali (menulis artikel langsung dari situs, upload file,ngedit theme blog,dkk). Yang bisa kita lakukan hanyalah mengubah alamat situs (blog kita) yang panjang setengah mati menjadi lebih sederhana.

Kebanyakan dari pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar $10,492 milyar dan hanya $112 juta pada pendapatan lisensi dan lainnya.Google AdWords membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau bayar-per-lihat. Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.

Kenapa harus google adsense?
Sebagaimana kita tahu bahwa banyak sekali program di internet yang menawari kita duit.

1. Google adsense adalah perusahaan besar yang bernaung di bawah google corp. Sehingga jika kita menginvestasikan waktu kita dengan bermain-main di google adsense, sangat kecil kemungkinan kita untuk tertipu, tidak dibayar dan sebagainya.
Jika pembayaran kita sudah melampaui batas minimum pembayaran (sebesar 100 dolar), yakinlah, bahwa kita pasti akan dibayar.
Banyak program ppc (pay per click) di internet yang cuma nggedabrus, istilah kerennya, scam semata. Dengan iming-iming muluk bahwa kita akan digaji, ternyata cuma modus operandi penipuan mereka dan di tengah-tengah proses mereka membatalkan keanggotaan (account) kita dengan berbagai alasan.

Contoh modus operandi penipuan seperti ini yang pernah saya alami adalah :
kliksaya.com dan adster.com.

2. PPC adsense cukup tinggi dan sampai detik ini, pendapatan adsense lah yang paling maknyus mampir ke kantongku..hehe

3. Pembayaran google adsense selalu tepat waktu, apalagi sekarang ada sistem pembayaran baru dari google adsense : western union. Jadi dalam hitungan hari saja kita bisa langsung mencairkan duit lewat kantor pos dan bank-bank lokal setempat.
Dulu waktu jamannya bayar lewat check , saya biasa nunggu sampai tiga minggu kemudian mencairkannya lewat citibank dan proses pencairan lewat citibank ini memakan waktu 35 hari kerja dengan biaya pemrosesan sebesar 100 ribu rupiah dan harus dibayar di muka ( akan jauh lebih murah lewat bank niaga tapi kita harus punya tabungan di bank niaga dan minimal sudah menjadi nasabahnya selama 6 bulan, biaya sekitar 50-60ribu rupiah).

Bandingkan dengan program adbrite yang baru akan mengirimkan check kepada kita setelah dua bulan kemudian. jadi misalnya bulan ini pembayaran minimum kita sudah tercapai, pembayaran masih akan ditangguhkan oleh adbrite hingga dua bulan ke depan.

Setelah sudah cukup mengetahui alasan memasang google adsense, mari kita back to topic...

Langkah langkah yang harus dilakukan dalam memasang google adsense adalah :

1. Membuat akun gmail
Loh-loh, kenapa harus gmail, kenapa gak msn,hotmail atau yahoo?
Alasannya cukup simpel. Karena kita akan membuat blog di blogger.com yang gratis nan aduhai plus bisa dipasangi adsense, kita membutuhkan gmail yang emang satu sodara sama blogger.

Sudah,tidak usah banyak protes, ikuti saja.
Berikut adalah langkah yang wajib ditempuh :


Gmail adalah salah satu layanan email yang diberikan secara gratis oleh GOOGLE (www.google.com). Pertama dikeluarkan bisa memuat data e-mail sekitar 1 GB. Setelah Kapanpun mengamati ternyata kapasitasnya menjadi 6902 MB free. Jadi anda tidak perlu menghapus email. Anda cukup melacak di kotak pencarian yang telah disediakan. Untuk tips membuatnya silahkan baca langkah-langkah cara membuat G-mail di bawah...

Cara membuat email di Gmail.com
1. Buka Browser Anda dan masuklah ke website Gmail.com yaituhttp://www.gmail.com. Akan terlihat halaman awal website Gmail seperti terlihat pada gambar di bawah ini.












2. Untuk memulai membuat email baru, cukup mengklik pilihan 'Sign up for Gmail' dan akan terbuka halaman 'Create a Google Account - Gmail'. Anda dapat memilih Pilihan Bahasa Di sebelah kanan atas "Change Language". Disini Kapanpun's menggunakan Bahasa Inggris, anda Juga Bisa memilih Bahasa Indonesia.











3. Isi Kotak isian 'First name', 'Last name', dan 'Desired Login Name' untuk email address ini, anda dapat memeriksa ketersediaan alamat (check availability!) yang anda inginkan, apakah alamat e-mail pilihan anda tersebut telah ada yang menggunakan atau belum (contoh kapanpun's menggunakan sobatkp untuk alamat email yang belom dipakai). Lalu masukkan password dan konfirmasi password, (untuk keamanan pilih passkey sampai strong atau warna hijau sampai penuh).




















Selanjutnya Masukkan Security Question Anda, Secondary email, Location (pilih indonesia, biasanya pilihan ini terpilih secara default', Ketik karakter yang terlihat di layar pada kolom Word verification. Berikutnya Therms of service jika anda mau membacanya silahkan, tapi jika anda tidak ngerti? gulung saja kotaknya sampai kebawah. setelah anda yakin data yang anda masukkan benar, silahkan klik tombol I accept Create my account.

4. Kalau tidak ada kesalahan, akan muncul halaman baru 'introduction to Gmail'. klik I'm ready - show me my account sebelah kanan atas layar.












5. Berikutnya, akan terbuka halaman baru lagi. Inilah halaman E-mail Gmail anda yang sebenarnya. Biasanya akan ada Email pemberitahuan dari 'Gmail Team' bahwa account mail anda telah aktif serta pemberitahuan layanan yang mereka berikan kepada anda.










Biarkan halaman ini, jangan dilogout.

Lantas, sekarang adalah giliran kita membuka blogger.klik disini, maka akan muncul tampilan seperti ini

untuk memudahkan, sebaiknya pilih penggunaan Bahasa Indonesia saja
Masukkan alamat email anda pada kolom Nama Pengguna dan password email anda pada kolom Kata Sandi
kemudian klik tombol masuk, maka anda akan dibawa ke halaman Mendaftar untuk Blogger

Masukkan alamat email Gmail anda, Nama AndaNama Tampilan yang Anda pakai, dan jangan lupa memberikan tanda centang di kotak sebagai tanda Anda menerima Persyaratan dan Layanan dari Blogger. Kalo sudah Klik tombol Lanjutkan

1. Masukkan Judul Blog yang akan anda pakai, judul ini bisa diganti sewaktu-waktu
2. Isikan Alamat blog (URL)
klik tombol cek ketersediaan untuk melihat apakah alamat blog yang anda inginkan tersedia
3. Klik tombol Lanjutkan

Disini Anda diminta untuk memilih desain template yang tersedia, sementara pilih saja defaultnya (minima) karena Anda bisa mengubah template Anda nanti. Kalo sudah, klik tombol Lanjutkan

Selamat Blog Anda sudah jadi , silakan klik tombol Mulai Blogging
happy blogging..menarimenari

Setelah selesai membuat blog, sebaiknya anda tidak langsung mendaftar di google adsense (karena kemungkinan besar akan ditolak).

Google adsense hanya mau menerima publisher (istilah kerennya bagi penjual halaman di situs mereka untuk dipasangi iklan) yang sudah memiliki artikel layak tampil di blog mereka.

Jadi yang harus anda lakukan adalah mengisi dulu blog anda agar tidak kosong mlompong. Baru setelah seminggu-satu bulan anda mulai melirik form pendaftaran adsense.

Setelah anda memilih MULAI BLOGGING, anda akan mendapati halaman seperti ini:










Klik di ENTRI BARU dan anda akan menemukan halaman berikut :

keterangan:
1.judul blog















Keterangan:
1.judul post/artikel
2.jenis huruf yang ingin dipergunakan
3.besar kecilnya huruf yang diinginkan
4. b=bold, huruf menjadi tebal
     i=italic,huruf menjadi miring
5.warna huruf
6.hyperlink (kamu bisa memasukkan alamat situs manapun dari sini). Misalnya kamu menulis kata 'saya' dan kamu ingin ketika mouse kamu menunjuk kata ini, kamu bisa pergi ke sebuah alamat situs tertentu, maka gampang saja. Blok kata 'saya' tersebut lantas klik tombol no 6 di atas.masukkan alamat situs yang sudah kamu sediakan di box kecil yang muncul lalu klik 'ok'.
Selesai sudah
7.Format paragraph.Rata kanan, rata kiri, tengah dan rata kanan kiri.
8.Picture uploader. jika kamu ingin mengupload tambahan foto untuk artikel kamu, kamu bisa menggunakan tools (fasilitas) ini
9.video uploader

Sedangkan pratinjau merupakan preview sementara dari artikel kamu.
klik 'Terbitkan Entri' untuk mempublikasi (publish post) artikel kamu agar blogmu bisa diakses oleh orang lain. Klik 'Simpan sebagai konsep' jika kamu belum yakin benar akan mempublish post atau kamu ingin mempublish posting kamu di lain waktu.

It's done....

Sedangkan untuk tutorial adsense bisa kamu lihat di bagian selanjutnya

Selamat mencoba

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA JITU ATAU PESUGIHAN TUYUL DI JAMIN AMPUH HUB KY AWING DI NO 0823 -1034 -2233, SAYA ATAS NAMA DESY DARI MANADO SUDAH BUKTIKAN SENDIRI BAHWA SAMPAI SEKARANG SAYA MASIH NAUNGAN KY AWING UNTUK MEMINTA BANTUANNYA MOGA2 AKY DI BERIKAN UMUR PANJANG KARNA MASIH BANYAK ORANG YANG MEMBUTUHKAN BANTUAN AKY.thankz roomnya zobat.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA JITU ATAU PESUGIHAN TUYUL DI JAMIN AMPUH HUB KY AWING DI NO 0823 -1034 -2233, SAYA ATAS NAMA DESY DARI MANADO SUDAH BUKTIKAN SENDIRI BAHWA SAMPAI SEKARANG SAYA MASIH NAUNGAN KY AWING UNTUK MEMINTA BANTUANNYA MOGA2 AKY DI BERIKAN UMUR PANJANG KARNA MASIH BANYAK ORANG YANG MEMBUTUHKAN BANTUAN AKY.thankz roomnya zobat.

Posting Komentar

Komen disini